Batik yang paling terkenal griya batik bimi

Kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia sangatlah beragam. Salah satunya adalah batik, bahkan batik yang paling terkenal juga memiliki nilai seni tersendiri di mata pribumi, maupun mancanegara. Bahkan, beragam motif batik sudah semakin berkembang diiringi berbagai keindahannya. Terbukti dengan adanya hal tersebut, pengrajin batik memang memiliki kreativitas sangat tinggi.

Berkaitan dengan adanya ragam motif tersebut, di wilayah Indonesia sendiri memiliki tipe motifnya masing-masing. Karena jika ditilik dalam sejarahnya, kerajinan semakin menyebar hingga ke berbagai wilayah nusantara, bukan hanya di Jawa saja. Dengan adanya hal tersebut, menjadikan masing-masing dari wilayah memiliki ciri khas dari coraknya.

Corak dalam budaya batik, selain gayanya tradisional, ada juga coraknya sudah serba modern. Hal tersebut bisa Anda sesuaikan dengan gaya batik untuk Anda kenakan. Terutama di acara-acara khusus sifatnya formal maupun semiformal yang sebagian besar mengenakan batik yang paling terkenal dengan corak lebih modern.

Penjelasan dari Berbagai Corak Batik Nusantara

Sudah sangat dikenal di berbagai penjuru nusantara, corak dengan beragam motif serta filosofi terkandung di belakangnya. Batik populer di Indonesia meliputi batik Solo, kemudian di wilayah Cirebon juga ada keseniannya tersendiri, kemudian ada juga bernama Sidomukti, serta berbagai macam lainya.

Batik yang paling terkenal pertama adalah dari wilayah Solo, di mana terkenal dengan nama Perang Kusumo. Ragam coraknya sendiri menyerupai sebuah ombak yang sedang menari-nari di lautan lepas. Divariasi oleh tebing sebagai bentuk penggambaran dari ombak senantiasa menabrak karang dan juga tebing-tebing tinggi. Nama tersebut diambil dari penggambaran kehidupan selalu diliputi oleh usaha dan kerja keras.

Kemudian, selanjutnya ada namanya Mega Mendung, kerajinan ini berasal dari kota Cirebon, di mana penyajiannya berupa motif awan. Gambar awan tersebut bukan hanya sebagai gambar saja, namun juga terdapat rahasia dan juga filosofi di belakangnya. Awan tersebut menggambarkan sebuah kesabaran harus dimiliki oleh manusia, dan jangan sampai terbawa emosi meledak.

Selanjutnya ada yang disebut batik Sidomukti. Kerajinan ini lagi-lagi berasal dari kota Solo juga, kota Solo memang terkenal dengan beragam motif disajikan, salah satunya adalah Sidomukti ini. Dengan bahannya terbuat dari pewarna alami, menjadikan kerajinan ini masih memiliki nilai seni tinggi. Juga disertai dengan sifat klasik khas, sesuai dengan filosofi yang diberikan.

Ragam Batik dari Wilayah Lain Serta Filosofi di Belakangnya

Batik yang paling terkenal griya batik bimi

Selain Solo, ada juga wilayah lain terkenal dengan kerajinan satu ini, yaitu Pekalongan. Bahkan daerah ini sudah menjadi pusat pengrajin batik yang paling terkenal untuk Indonesia. Anda bisa menjumpai corak sangat elegan di dalamnya. Yang menjadi ciri khas dari kerajinan seni dalam daerah ini adalah dengan dominasinya motif berupa tumbuh-tumbuhan serta hewan.

Selain itu, sebagian besar dari batik Pekalongan juga memiliki motif berupa garis, serta titik dengan rangkaian sedemikian rupa menghasilkan sebuah karya yang sangat menarik. Adanya corak tersebut sebagai sebuah penggambaran bahwa masyarakat pesisir mudah untuk menerima budaya luar yang mengikutinya. Selain itu menjadi sebuah gambaran dari sifat kelembutan yang wajib ada dalam diri seseorang.

Selain beberapa macam jenis tersebut, masih banyak di nusantara yang menyajikan corak kesenian ini dengan budayanya sendiri. Jika Anda ingin mencari beberapa jenis batik tersebut, bisa langsung saja berkunjung ke Griya Batik Bimi atau bisa menghubungi di No 085716244305. ragam motif sudah tersaji dengan lengkap, bahkan memiliki bahan yang sangat berkualitas, pastikan Anda tidak ketinggalan untuk memiliki batik yang paling terkenal di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *