rahasia sejarah batik griya batik bimi

Batik sendiri merupakan salah satu bagian warisan dari leluhur yang terdapat di Indonesia, rahasia sejarah batik juga kerap dicari kebenarannya. Tidak sedikit orang yang mencari banyak informasi mengenai hal tersebut. Perlu diingat lagi bahwa batik ini merupakan salah satu budaya yang sudah ditetapkan oleh UNESCO pada September 2009 lalu yang bertempat di Abu Dhabi.

Bahkan, hingga sekarang setiap tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur karena memiliki kebudayaan yang sangat indah tersebut. Dengan berbagai syarat serta teknik yang ada dalam pembuatan batik yang terkenal karena penuh dengan simbol, maka kebudayaan ini tidak dapat diklaim oleh negara manapun di dunia.

Corak batik untuk saat ini, tidak hanya dikenakan oleh masyarakat Jawa saja, namun juga berbagai suku dan wilayah sudah banyak yang menggunakan batik, dan sangat cocok dijadikan sebagai baju. Tidak hanya itu, selain terkenal di penjuru Indonesia, batik juga cukup terkenal di dunia mancanegara, dengan ciri khasnya tersendiri menjadikan kerajinan ini memiliki nilai berharga di rahasia sejarah batik mata Indonesia dan dunia .

Awal Mula Adanya Batik dengan Corak yang Masih Sederhana

Batik pertama kali dikenalkan pada abad ke-7 Masehi. Dengan corak yang disajikan masih sangat sederhana, dan belum banyak ragam variasi lainya. Bahkan, ketika awal mula ada, masih ditulis di sebuah daun lotar serta di sebuah papan rumah adat sederhana. Jika sekarang sudah banyak variasi model dari desain, maka dulu hanya bercorak tanaman dan juga hewan saja.

Kehadiran kesenian tersebut menjadikan salah satu dari pembesar kerajaan Majapahit menjadi tertarik, sehingga budaya tersebut dapat dikembangkan dengan baik pada masanya. Bahkan untuk sebelumnya yang hanya berupa kulit saja untuk dijadikan sebagai alas membatik, maka dengan bantuan dari kerajaan Majapahit tersebut membuat kulit tidak lagi digunakan dalam membatik, karena sudah diganti dengan kain berwarna putih.

Pemilihan kain dalam rahasia sejarah batik tersebut dipercaya bisa menjadi lebih awet, serta penggunaan yang lebih leluasa dibandingkan dengan menggunakan kulit. Selain itu, motifnya juga menjadi semakin berkembang, mulai dari adanya motif abstrak, kemudian candi, alam, bahkan sudah terdapat motif wayang juga. Kerajaan Majapahit sangat berjasa dalam pengembangan salah satu warisan ini.

Perkembangan Kebudayaan Batik Menjadi Lebih Modern

Pada masa kerajaan Majapahit sudah dijelaskan bahwa kerajinan menjadi semakin berkembang, bahkan menjadi semakin menyebar luas hingga menuju ke kerajaan lainya. Kerajaan mulai tertarik hingga menjadikan batik untuk menjadi bentuk simbol kebudayaan sendiri adalah kerajaan Mataram, kemudian Demak, serta berbagai kerajaan setelahnya, seperti tertulis dalam sejarah batik.

Rahasia sejarah batik dengan berkembangnya berbagai kerajaan di Indonesia, menjadikan budaya ini juga mengalami berbagai transformasi, mulai dari perubahan adanya motif yang berbentuk sebagai binatang. Karena dalam syariat Islam sendiri, motif tersebut merupakan bentuk penyalahan dari agama Islam. Namun masih diperbolehkan asalkan pembuatannya disamarkan dengan motif lainya yang lebih dominan.

Di jaman dahulu, kerajinan ini masih sangat sederhana dalam melakukan teknik pembuatannya. Karena masih menggunakan berbagai bahan sifatnya alamiah, mulai dari hanya menggunakan teknik tulis menggunakan tangan secara manual, bahkan bahan untuk digunakan sebagai pewarna juga diambil dari alam, seperti daun jati, daun mengkudu yang sering ditemui, kemudian pohon nila, serta daun soga.

Untuk saat ini, batik telah semakin berkembang. Terbukti dengan adanya berbagai macam motif yang tersedia di jaman sekarang. Motifnya lucu dan elegan, telah bisa Anda dapatkan di Griya Batik Bimi di No 085716244305, di sana tersedia dengan berbagai motif yang modern dan akan sangat cocok digunakan dalam beragam acara, bahkan ketika mengingat rahasia sejarah batik yang juga dapat dikenakan untuk pakaian sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *